Pasang Iklan Anda Sekarang

Penyakit-penyakit yang Masih Mengancam di Tahun 2012



Dalam beberapa jam pada tahun 2011 akan berakhir dan diganti dengan 2012. Meskipun tahun telah berubah, tetapi ada beberapa penyakit yang masih menjadi ancaman pada 2012. Apa itu?

Beberapa penyakit yang diberantas sudah ada atau tidak muncul lagi, tapi penyakit tertentu masih mengancam manusia pada tahun 2012. Berikut adalah beberapa penyakit yang masih menjadi ancaman, seperti dikutip dari HuffingtonPost,yaitu:


1. Penyakit infeksi
Penyakit menular merupakan salah satu penyakit yang masih ancaman, penyakit ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Terutama di tahun 2012 diperkirakan akan terjadi beberapa bencana alam yang bisa menjadi faktor risiko penularan peningkatan penyakit infeksi seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), diare, hepatitis A, difteri dan penyakit menular lainnya.


Di beberapa negara penyakit menular tidak masalah lagi, tetapi di beberapa negara, khususnya negara berkembang penyakit ini masih menjadi momok tersendiri. Salah satu cara yang paling efektif pencegahan adalah gaya hidup sehat termasuk mencuci tangan dengan sabun.


2. Penyakit tidak menular
Tingkat kematian saat ini dari penyakit tidak menular meningkat, penyakit ini diderita dalam jangka panjang dan berkembang secara perlahan. Empat utama penyakit tidak menular adalah penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke), kanker, penyakit pernafasan kronis (penyakit paru dan asma) dan diabetes.


3. Tuberkulosis
Tuberkulosis (TB) tetap menjadi ancaman serius, karena banyak pasien yang memiliki TB resistensi kuman atau kekebalan terhadap obat yang ada saat ini baik satu atau obat lini kedua. Selain penyebab lain masih kantong tuberkulosis yang belum terdeteksi.


Salah satu cara untuk mengatasi TBC minum obat secara teratur dan kepatuhan yang diperlukan pasien, karena jika ia berhenti sendiri pada risiko mengembangkan resistansi terhadap obat yang ada.


4. HIV / AIDS
HIV / AIDS masih menjadi penyakit yang mengancam karena peningkatan tinggi dalam kasus baru, dan masih orang-orang yang menutupi kondisi ini sehingga tidak mendapatkan pengobatan yang tepat.


5. Flu burung
Meskipun kasus pada manusia berkurang, namun penyakit ini masih mengancam karena bisa bermutasi menjadi lebih mudah menular atau bahkan menjadi lebih ganas. Mutasi flu burung ditemukan di sebuah strain baru yang menyebar di Cina dan Vietnam. PBB Program Pangan Dunia (FAO) mendesak untuk pengawasan yang lebih besar lakukan terhadap kemungkinan penyebaran flu burung lagi.

Pasang Iklan Anda Sekarang