Pasang Iklan Anda Sekarang

Biaya Apa Saja Yang Dikenakan Jika Anda Memiliki Kartu Kredit?


Baru punya kartu kredit? Duh senengnya. Banyak orang beranggapan bahwa memiliki kartu kredit itu bisa membuat hidup mereka menderita, tapi menurut saya kartu kredit jika dipergunakan secara baik dan benar maka dapat membantu kegiatan finansial kita sehari-hari.
Oh ya jika Anda baru memiliki kartu kredit maka kenali dulu ya kira-kira biaya apa saja sih yang dikenakan Bank kepada kita selaku pemiliki kartu kredit.
Iuran Tahunan
Ini adalah iuran wajib yang harus Anda bayar setiap tahunnya. Biasanya untuk kepemilikan tahun pertama maka Anda akan dibebaskan dari iruan ini tapi ada beberapa bank yang tidak memberikan fasilitas ini. Besarnya iuran tahunan kartu kredit tergantung dari jenis kartu yang Anda miliki, untuk kartu reguler biasanya berkisar 150.000 sedangkan kartu Gold berkisar sekitar 300.000 per tahunnya.
Bunga
Bunga dikenakan jika Anda mengubah transaksi Anda menjadi transaksi cicilan atau Anda tidak membayar penuh tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempohnya. Untuk informasi lebih jelas mengenai bagaimana bunga dikenakan kepada tagihan kita silahkan baca artikelnya di ‘Bagaimana Bunga Kartu Kredit Dikenakan?’ 
Biaya Keterlambatan
 
Biaya ini dikenakan jika Anda terlambat membayar tagihan Anda. Jadi sebisa mungkin perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran Anda, bayarlah tagihan kartu kredit Anda sesuai jatuh tempo atau lebih baik sehari sebelum jatuh tempo berakhir. Biaya keterlambatan bervariasi antar bank biasanya berkisar antara 50.000,-.
Biaya Materai
Transaksi atau tagihan yang dibawah 250.000 umumnya tidak dikenakan biaya materai. Untuk transaksi diatas 250ribu hingga 1 juta maka akan dikenakan biaya materai sebesar 3000 rupiah dan untuk tagihan diatas 1 juta maka biaya materai ini adalah 6000 rupiah. Biaya materai akan secara otomatis muncul dalam tagihan Anda setiap bulannya.
Biaya Melampaui Batas Kredit
Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit sebab jika Anda menggunakan melebihi batas limit yang ditentukan maka Anda akan dikenakan biaya melampaui batas kredit. Misalnya Anda diberi batas limit kartu 3 juta tapi Anda menngunaknnya sampai 3,1 juta maka otomatis biaya ini akan muncul di tagihan Anda.
Biaya Penggantian Kartu
 
Jika kartu hilang atau rusak disebabkan karena pemilik kartu maka untuk mengganti kartu yang baru Anda akan dikenakan biaya penggantian kartu baru. Biaya penggantian kartu berkisar antara 25 ribu rupiah.
Biaya Pembayaran Tagihan melalui Teller atau via ATM Berama
Jika Andamembayar tagihan langsung melalui teller maka biasanya akan dikenakan biaya sebesar 10rb (ini tergantung dari banknya), atau jika Anda membayar melalui ATM bersma maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 5rb. Oleh sebab itu sebaiknya Anda memiliki ATM yang sama dengan Bank penerbit kartu kredit Anda, jadi pembayaran via atm dengan bank yang sama maka tidak akan dikenakan biaya tambahan.
Biaya lain-lain
Biaya lain-lain diantaranya biaya untuk meminta salinan lembar tagihan, biaya pembatalan transaksi cicilan, dan sebagainya.
Jika Anda ingin mengetahui informasi yang berhubungan dengan kartu kredit Anda maka bacalah buku panduan yang menyertai pengeiriman kartu kredit Anda. Mengetahui sejak dini biaya-biaya ini maka akan membuat Anda jelas dan lebih bijaksana dalam menggunakan kartu kredit. 

Pasang Iklan Anda Sekarang